PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Bangun Komunitas Gubug Tani Milenial, Pemuda Asal Madura Ini Sukses Majukan Pertanian Desanya




 

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani dan membudidayakan komoditas pertanian sesuai dengan kondisi geografisnya. Berbagai tanaman mampu tumbuh subur hampir di seluruh ,dinegeri ke akrabO S dan diproses menjadi pupuk organik. Selain pemupukan, mereka juga tekun melakukan budidaya pertanian dan pemasaran hasil pertanian. Produk yang dihasilkan oleh petani milenial dijual lewat komunitas ini, mulai dari produk segar sampai olahan.

penting Ichwan.

Petani Muda dalam Gubuk Tani Milenial, berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan agribisnis secara terpadu mulai dari penyiapan pupuk organik, budidaya, pengolahan hasil sampai dengan pemasaran produk baik secara online maupun offline. Ilmu tersebut kami kembangkan setelah mengikuti pelatihan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan dan program pelatihan pemuda pelopor yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olanhraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan bahwa petani milenial merupakan tumpuan harapan pertanian Indonesia di masa mendatang. "Petani milenial saat ini banyak meraup hasil dan keuntungan yang melimpah dari hasil bertani, namun kuncinya mereka harus berani dan bisa mengunakan akses market internasional dan komunitas pertanian untuk memasarkan hasil pertanian di dalam negeri dan luar negeri”, .

Menteri Pertanian,kButuh sosok-sosok petani muda yang semakin banyak agar dapat melanjutkan estafet pembangunan pertanian di Indonesia ke depan. Selain itu, melalui komunitas semacam ini bukan tidak mungkin dapat menjadi cikal bakal berkembangnya pertanian dan memotivasi petani milenial untuk berkiprah di dunia pertanian.