PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Raih Silver Winner AHI 2022, Bukti BPPSDMP Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik




Malang – Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022 merupakan barometer bagi praktisi humas pemerintah dan PPID dalam menjalankan keterbukaan informasi publik dan kehumasan pemerintah. Di ajang ini, Kementerian Pertanian mendapat banyak gelar. Salah satunya, Silver Winner untuk BPPSDMP.

Sebanyak 282 entri dari 59 badan public tercatat mengikuti kompetisi AHI 2022 yang melombakan tujuh kategori. Lima diantaranya melalui penjurian yakni kategori pelayanan informasi public, PPID terbaik, media internal, kanal digital dan program kehumasan pemerintah. Sedangkan dua kategori lainnya yakni pemimpin terpopuler di media digital dan platinum award yang khusus diberikan kepada peraih trofi terbanyak diseluruh kategori.

Tahun 2022 ini, Kementerian Pertanian banyak memperoleh penghargaan dalam subkategori Pemimpin Terpopuler di Media Digital, kategori pelayanan informasi publik subkategori laporan pelayanan informasi publik, kategori PPID terbaik dalam subkategori PPID Utama, kategori media internal subkategori e-magazine, kategori kanal digital subkategori media sosial Instagram, dan sebagai pemenang institusi terpopuler di media digital.

Menurut Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang juga menerima penghargaan, Anugerah Humas Indonesia adalah cara untuk menghargai jerih payah dan langkah yang ada karena bagaimanapun informasi adalah titik awal proses berjalan.

“Keterbukaan informasi publik menjadi hadirnya kualitas kehidupan kebangsaan yang ada. Jika keterbukaan mampu tersaji dengan baik ini bukan saja langkah kecil tetapi ini langkah besar. Dan humas adalah sebuah komunitas yang besar. Kementan berada pada era-era terbuka digital,” tegas SYL.

Sementara itu, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, sebagai Unit Pelaksana Teknis di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), berhasil membuktikan dengan meraih penghargaan Silver Winner dalam kategori pelayanan informasi publik subkategori laporan pelayanan informasi publik.

Hal ini sekaligus juga membuktikan komitmen dari Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, yang mengatakan, wajib hukumnya untuk insan BPPSDMP berjuang melakukan keterbukaan informasi publik secara transparan.

“Ada banyak sekali parameter yang harus menjadi acuan kita untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik. BPPSDMP bahkan secara konkret mendukung program-program keterbukaan informasi publik. Dan kita berkomitmen terus untuk menjalankan hal tersebut,” ujar Dedi Nursyamsi.

Sementara Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor, mengatakan bahwa prestasi yang diraih oleh BBPP Ketindan merupakan hasil kerja keras semua tim yang saling berkolaborasi.

Ia juga memberi kebebasan kepada stafnya untuk senantiasa menegakkan core value ASN Ber-AKHLAK salah satunya dibuktikan dengan prestasi kerja.

“Anugerah ini tentu saja adalah kebanggaan untuk kami, dimana kami bersaing dengan puluhan peserta dari berbagai institusi seperti Kementerian Keuangan RI, IPB, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM RI, Diskominfo Kota Bandung, UGM, UI, UNJ dan PT. KAI (Persero). Dan kedepan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan inovasi layanan,” pungkas Sumardi Noor.

Telah terbit di: https://indopostnews.com/