PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Pelatihan 1 Juta Penyuluh dan Petani Simbol Kebangkitan SDM Pertanian




 

Malang-emajuan suatu bangsa diawali dari kebangkitan sehingga pelatihan 1 juta penyuluh dan petani menjadi simbol kebangkitan SDM Pertanian di Indonesia leh karena itu mari kita wujudkan bersama-sama untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Penyuluh Pertanian harus dapat mendorong petaninya untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan tersebut,”paparkegiatan webinar sosialisasi dan koordinasi pelatihan 1 juta penyuluh dan petanikepada P4S, KTNA dan Perhiptani pada Senin2021 dan webinar sosialisasi dan koordinasi pelatihan kepada Ikamaja, Duta Petani Andalan (DPA) dan Duta Petani Milenial (DPM) pada Kamis 222021.

 

Pandemi Covid 19 yang masih tidak menyurutkan semangat Kementerian Pertanian meningkatkan kompetensi pertanian. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwaKementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah mencanangkan kegiatan Pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani di IndonesiaWalaupun pandemi, pertanian tidak boleh berhenti, sektor pertanian harus dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia,” seluruh insan pertanian baik penyuluh pertanian, petani andalan dan petani milenial dapat ikut berpartisipasi aktif mendorong SDM Pertanian untuk mengikuti kegiatan pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani di Indonesia.

Sampai , Juli 2021 sebanyak 33.508 atau 84,2% Penyuluh Pertanian dari 34 Provinsi di Indonesia sudah berhasil registrasi, sedangkan dari unsur petani masih 232.471 atau 14,9%. Registrasi pendaftaran dari unsur petani masih sangat rendah, hal tersebut disebabkan karena sebagian besar petani kesulitan untuk melakukan registrasi secara online baik terkait pengisian NIK, kendala jaringan internet dan sarana IT lainnya yang masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Lely Nuryati dan Kepala Pusat Data Informasi Pertanian Roby Darmawan menghimbau kepada seluruh Penyuluh Pertanian dan tim admin Simluh tiap Kabupaten/Kotauntuk dapat membantu petani dalam melakukan registrasi pendaftaran agar sasaran pelatihan dapat memenuhi target yang direncanakan.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan juga turut berkontribusi aktif untuk mendorong penyuluh dan petani yang berada di wilayah kerjanya khususnya Provinsi Jawa Timur untuk berpartisipasi aktif. Pada Jum’at Kepala BBPP Ketindan melalui Penyelenggaan Pelatihan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Koordinator Penyuluh Provinsi Jawa Timur Dyah Sulityowati, telah menyelenggakan kegiatan koordinasi secara virtual dengan perwakilan 39 Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek dan mendorong percepatan registrasi pendaftaran seluruh penyuluh pertanian dan petaninya agar ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pelatihan 1 juta penyuluh dan petani melalui ,” ujar,Koordinator 

Selanjutnya, guna memudahkan proses registrasi pendaftaran, maka calon peserta dapat membuka link sebagai berikut:: , https://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/pendaftaran_petani1jt.phpInsan pertanian lainhttps://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/pendaftaran_pesertalain1jt.php  klik link ini: ”, imbuh Uli selaku Admin pelatihan 1 juta penyuluh dan petani BBPP Ketindan.

Pelatihan yang akan dilaksanakan berjudul “Pengelolaan Kesuburan Tanah” dilaksanakan dalam 12 Gelombang mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 1 Agustus 2021 secara virtual. Materi pelatihan meliputi pemupukan berimbang, kebijakan pupuk nasional, pengenalan kesuburan tanah, pupuk hayati, hingga penjelasan tentang kredit usaha rakyat (KUR) serta motivasi yang akan disampaikan oleh Widyaiswara seluruh UPTKementerian Pertanian di Indonesia.

Peran aktif penyuluh pertanian dan petani sangat dibutuhkan untuk peningkatan produktivitas pertanian, sehingga ketahanan pangan nasional dapat tercapai. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan adalah salah satu prioritas dan upaya Kementan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas menuju kebangkitan pertanian yang maju mandiri dan modern.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;} </style>