PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementan Dukung Peningkatan SDM Pertanian Melalui Diklat Tematik Padi




Kementerian Pertanian (Kementan) berusaha keras mewujudkan kedaulatan pangan melalui berbagai program strategis. Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Untuk itu, Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengupayakan peningkatan  kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan. Serta memaksimalkan dukungan program-program strategis seperti Kostratani, Penyuluhan Pelatihan dan Pendidikan Vokasi Bagi Penumbuhan Pengusaha Milenial di Bidang Pertanian serta Mendukung Program-Program Kementerian Pertanian.

Diklat yang diikuti 30 orang  petani ini berasal dari Kampung Urumb, Kampung Matara, Kampung Anasai dan Kampung Waninggap Nanggo Distrik Semangga di Kabupaten Merauke.

Melalui model pembelajaran Experiential Learning Cycle, peserta melewati serangkaian tahapan yakni pengalaman nyata, tahap observasi refleksi, tahap konseptualisasi, dan tahap implementasi serta menerapkan di lahan masing-masing.

“Materi yang disampaikan ini sangat mendukung kemajuan pertanian di Merauke, khususnya tentang budidaya padi spesifik lokasi antara lain paket teknologi budidaya padi, seleksi benih dan persemaian padi, sistem jajar legowo, sistem pengairan basah kering serta pengendalian hama dan penyakit terpadu,” jelas Haris.

“Tentunya harus didampingi terus oleh penyuluh pertanian secara intensif melalui demonstrasi plot maupun sekolah lapang padi,” imbuh Haris.

“Dengan berkembangnya wawasan berpikir secara komprehensif bagi petani, semua itu bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani dalam teknik budidaya padi spesifik lokasi sehingga  produktivitas padi meningkat, kesejahteraan petani juga meningkat,” tegas Erny.

*)Munanto Haris/ Yeniarta

Telah terbit di : https://www.tanimodern.com/