PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Dukung Program Kementan, BPPSDMP Salurkan Banpem untuk P4S di Jatim




Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) sebagai kelembagaan pelatihan/permagangan petani diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumberdaya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya. Akan tetapi kapasitas pengelola P4S tersebut masih perlu ditingkatkan kemampuannya melalui pembinaan secara berkesinambungan sehingga mampu membawa P4S sebagai mitra kerja pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia pertanian.

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan sebagai UPT dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) bertanggungjawab terhadap pembinaan P4S di Provinsi Jawa Timur dengan menyelenggarakan kegiatan penguatan kelembagaan P4S serta kegiatan penumbuhan dan klasifikasi P4S.  

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, “Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadayaa (P4S) merupakan pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian.”

Sementara itu, untuk mewujudkan kedaulatan diperlukan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, oleh karena itu pengembangan SDM Pertanian diarahkan pada peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk membentuk kepribadian yang mandiri bagi SDM pertanian khususnya  petani.

“Kita juga mendukung P4S di Provinsi Jatim agar bertujuan agar permagangan yang dilaksanakan di P4S berbasis SKNNI. Pentingnya berbasis SKKNI ini agar setelah melaksanakan pelatihan atau magang di P4S, peserta bisa langsung mengikuti uji kompetensi sesuai dengan kurikulum pembelajaran di masing-masing P4S,” tegasnya saat memberikan bantuan pemerintah secara langsung di P4S Sari Luhur Kota Blitar.

Ia juga menambahkan, bahwa bantuan pemerintah ini bisa membuat P4S lebih aktif dan mendukung program-program Kementerian Pertanian. SY/YNI

Telah terbit di : https://www.swadayaonline.com/