PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Tingkatkan Kompetensi Berwawasan Global, Kementan Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Tani




Data Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan), menyebutkan 90% dari total jumlah petani Indonesia sudah memasuki fase kurang produktif. Melalui regenerasi, penggarapan lahan, proses produksi, dan agrobisnis akan dijalankan oleh mayoritas kelompok petani muda atau kaum milenial yang memiliki kapasitas bekerja lebih produktif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi serta selalu kreatif berinovasi. 

Kepala BPPSDMP, Dedy Nursyamsi mengatakan, petani muda memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian di masa yang akan datang, dan kewirausahaan menjadi salah satu faktor yang memperkuat pembangunan perekonomian nasional di sektor pertanian. 

Menurutnya, masa depan tonggak pertanian dan saat ini ada di tangan anak muda.“Pertanian adalah sebuah masa depan yang pasti dibutuhkan, selama manusia hidup selama itu pula pertanian menjadi suatu kebutuhan. Pertanian adalah masa depan untuk memimpin pembangunan pertanian Indonesia,” lanjutnya.

“Tentu menumbuhkan petani muda bukanlah perkara mudah. Diperlukan sinergi dari pusat ke daerah melalui berbagai program strategis yang menyasar generasi milenial,”ujar Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor, saat membuka pelatihan kewirausahaan bagi pemuda tani.

Sumardi menambahkan, Kementerian Pertanian (Kementan) sejak tahun 2020 memiliki target penumbuhan pengusaha pertanian milenial yaitu sebanyak 500.000 setiap tahun sehingga totalnya 2,5 juta petani milenial pada tahun 2024. 

“Kementan memiliki banyak program strategis diantaranya program petani milenial, penumbuhan wirausahawan muda pertanian (PWMP), Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA), penerapan digitalisasi pertanian dan sebagainya,” imbuh Sumardi.

Melalui pelatihan kewirausahaan diharapkan bisa memberikan pembekalan guna menguatkan motivasi dan komitmen dalam berwirausaha di sektor pertanian bagi pemuda tani.

Telah terbit di : https://www.swadayaonline.com/