PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan

Semarak HUT RI, BBPP Ketindan Tanam Serentak 80 Bibit Pohon




Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, salah satu Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) menggelar penanaman 80 bibit pohon multipurpose  hortikultura dan perkebunan dari 17 jenis tanaman.

Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor berharap, penanaman bibit pohon multipurpose hortikultura dan perkebunan di  BBPP Ketindan akan terjadi penambahan koleksi varietas tanaman hortikultura dan komoditas perkebunan yang dapat dikembangkan dan dibudidayakan menjadi produk produk unggulan hasil pertanian.

Sebanyak 80 batang bibit pohon dari 17 jenis tanaman, ditanam di lahan BBPP Ketindan. Seperti kelapa gading, buah naga, petai, mangga, jeruk, sawo, durian, nangka, alpukat, jambu kristal, belimbing, pisang, rambutan, kelor, kelengkeng merah, anggur Brazil dan tanaman obat temulawak.

“Kita harapan semua tanaman ini bisa dirawat dengan baik agar tumbuh subur dan memberi manfaat. Tentunya memelihara kelestarian sumber daya alam dan lingkungan serta kesuburan tanah,” kata Sumardi Noor dihadapan seluruh pegawai BBPP Ketindan.

Kementerian Pertanian dalam merespon permasalahan krisis pangan global, telah mengimplementasikan kebijakan diversifikasi pangan, optimalisasi produktivitas, hingga smart farming. Pada tiga tahun terakhir ini tercatat produksi pertanian Indonesia meningkat dan berhasil melewati krisis pangan tersebut.

Sejalan tema perayaan HUT RI yang ke 77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), menginstruksikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kementerian Pertanian agar melakukan tanam serentak bibit pohon multipurpose pada 12 Agustus 2022.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi berharap melalui kegiatan ini bisa menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas. Melalui proses menanam, diharapkan nilai integritas yaitu gotong royong, tanggungjawab dan harmoni antara pemikiran dan tindakan tertanam.

Oleh: Yeniarta

Telah terbit di : https://tabloidsinartani.com/